Monday, September 19, 2011

KASUARI BURUNG PALING BERBAHAYA DI DUNIA


          Kasuari memiliki nama latin Casuarius Sp. Kasuari di mancanegara dikenal dengan naman serupa Casuaria. Burung ini dapat dijumpai di habitat aslinya, yaitu Irian (Papua dan New Guinea), Queensland Utara (Australia), dan Kepulaua Aru (Maluku). Burung kasuari termasuk dalam keluarga atau ordo Struthioniformis, Famili Casuarilidae dab genus Casuarius dengan tiga spesies, Casurius unappen (kasuari gelamir tunggal), Casuarius  casuarius (kasuari), dan Casuarius benneti (kasuari kerdil).
Cirr-ciri umum burung dari famili Casuarilidae, yaitu memiiki tubuh besar yang berbentuk pasak dengna tinggi umumnya mencapai 150 cm. burung kasuari tidak dapat terbang karena sayap degenerasi dengan bulu yang tidak sempurna dan terlepas. Burung ini memiliki kaki yang kokoh untuk berjalan dan berlari. Jari kakinya 3 buah menghadap ke depan dengna kuku tajam. Kasuari memiliki tanduk di atas kepalanya yang dapt membantunya sewaktu berjalan di habitat hutan yang lebat.
Kasuari dapat hidup di hutan dataran rendah dan pegunungan hingga ketinggian 3000 m. kasuari tergolong hewan yang  melakukan aktivitasnya di siang hari dan lebih senang berada di alam bebas dengan menjelajah hutan atau secara soliter, bersama anaknya atau berpasangan pada musim kawin. Pada saat musim kawin inilah, sifat gugupnya terlihat baik betiana maupun jantan, bahkan siap menyerang siapa saja yang  berada di sekitarnya. Kasurari juga mempunyai tingkah laku yang aneh, yaitu suka sekali memasukan kepalanya ke dalam lubang dengan tujuan mengistirahatkan lehernya yang panjang.
Kakinya yang kokoh dengan kukunya yang tajam pada ketiga jarinya yang mengahadap ke muka serta paruhnya benar-benar sangat membahayakan apabila kasuari melawan dan  menyerang musuhnya. Burung tersebut akan lari melingkar membentuk busur sejauh 20-30 m, bolak-balik sangat cepat. Tindakan itu merupakan gerakan persiapan menyerang bila diganggu. Kasuari yang takut akan segera lari dan menyelinap sejak awal bertemu. Karena tingkah lakunya yang tidak bisa ditebak tersebut, maka penduduk yang berburu kasuari sendirian sangat waspada dan segera menyerang burung tersebut dengan panah atau tombak.
Guinnes Book of Records bahkan memasukan kasuari dalam catatan rekornya sebagai burung paling berbahaya di dunia. Ketika berhadapan dengannya, burung ini akakn melompat ke udara dan menendang musuhnya menggunakan cakar yang mampu menyebabkan cedera serius hingga mematikan. Tendangan ini cukup kuat untuk memecahkan organ internal anda dan menyebabkan pendarahan besar-besaran dan berujung kematian. Kasuari yang telah lama dipelihara oleh manusia punya tingkah laku mirip anjing. Burung ini dapat dilepaskan dari kandang dan akan kembali pulang. Walaupun demikian, tingkah laku burung ini masih sulit diduga. Salah satu kasus yang pernah terjadi, yaitu kasuari yang telah dipelihara tiba-tiba menyerang anak pemelihara yang biasa bermain dengannya. Akibat yang ditimbulkan sangat fatal, perut anak tersebut robek diterjang kaki dan kukunya tajam hingga meninggal.





No comments:

Post a Comment